KEINDAHAN BUSANA ADAT BALI

Jaman dahulu masyarakat di Bali menggunakan pakaian adat tradisional Bali dalam kesehariannya dan untuk upacara maupun persembahyangan. Sejak dahulu sampai sekarang busana adat tersebut selalu berubah sesuai dengan perkembangan jaman. Pembagian busana adat Bali ada 3 yaitu busana untuk sembahyang atau keagamaan, busana untuk upacara kemanusiaan, dan busana untuk sehari-hari.

Pakaian-Adat-Bali_kidnesiathumb630

Perbedaan busana adat untuk perempuan terdapat sedikit perbedaan yaitu pada tatanan rambutnya, untuk perempuan dewasa yang sudah menikah menggunakan tatanan rambut pusung tagel (sanggul lipat) sedangkan untuk perempuan yang belum menikah menggunakan tatanan rambut pusung gonjer (tanpa dilipat).

Busana adat yang paling mewah di Bali adalah Busana Agung yang biasa dipakai saat upacara Potong Gigi dan saat upacara Perkawinan. Pakaian adat Bali selain mempunyai nilai keindahan, tapi di dalamnya juga tersimpan nilai – nilai filosofis dan simbolik yang tersembunyi dalam bentuk, fungsi, serta maknanya. Itulah sebabnya dalam pakaian adat Bali dihiasi oleh berbagai ornamen dan simbol yang mempunyai arti tersindiri.

balimakeupartist03

Pakaian adat bali memiliki standardisasi dan kelengkapannya. Untuk busana lengkap bisanya digunakan pada saat upacara keagamaan dan perayaan acara besar sedangkan untuk busana adat ringan atau madya digunakan untuk menghadiri acara atau kegiatan yang bersifat kegembiraan dan lebih santai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s