DAYA TARIK BUDAYA AGRARIS BALI

Begitu banyak budaya dan tradisi di Bali yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Dewata ini. Berbagai kesenian yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat tidak dapat dilepaskan dari sektor utamanya yaitu pertanian. Salah satunya kesenian Okokan. Namun, seiring perkembangan jaman, tradisi ini hanya ditampilkan dalam event-event tertentu, salah satunya pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB).

CAsjZi1U8AEe_Cj
Okokan merupakan benda sebagai penanda di leher sapi pembajak sawah, oleh para tetua dibuat sedemikian rupa dengan bentuk yang lebih besar dan dikalungkan di leher orang dewasa, sehingga mampu menghasilan suara khas. Untuk bisa melestarikan tradisi budaya agraris ini, kecamatan Kerambitan, Tabanan membuat maskot patung okokan di depan Kantor Camat setempat

balipost_okokanKesenian ini diyakini dapat digunakan sebagai pengiring ritual menjaga keselamatan dan keseimbangan alam dari berbagai macam gangguan. Ritual inilah awalnya dikenal oleh masyarakat Desa Baturiti sebagai ritual Ngerebeg. Disamping okokan sebagai istrumen utama dalam ritual ini, okokan juga menggunakan 2 buah kendang gede (besar), yang sampai saat ini dipandang oleh masyarakat mempunyai kekuatan untuk mengusir kekuatan magis yang bersifat merusak keseimbangan. Gambelan okokan juga tidak jarang dilengkapi alat-alat musik Bali lainnya untuk menambah indah dan uniknya suara okokan.

11024102_1543581249238899_1599695705_n

images

Tak hanya okokan, tradisi lainnya yang juga kental dengan kultur masyarakat agraris yakni tektekan. kesenian tektekan ini semula berfungsi mengusir mahluk halus kemudian bergeser menjadi salah satu instrument dalam pementasan drama seni teatrikal yaitu Calonarang. “Calonarang” merupakan salah satu tarian sakral dari Bali yang sangat banyak digemari oleh masyrakat umum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s