CECIMPEDAN, KESENIAN TEKA-TEKI PULAU DEWATA

Kesenian tradisional di Bali masih banyak yang harus dikembangkan dan dilestarikan, untuk itu banyak siswa-siswi masih mempelajari tentang kesenian ini di sekolah bahkan di luar sekolah. Beberapa kesenian yang masih dijadikan sebagai pelajaran formal dan informal adalah mesatua bahasa Bali (bercerita menggunakan bahasa Bali), menulis Bali dan “macecimpedan”.

maxresdefault

“Cecimpedan” atau secara umum diketahui sebagai teka-teki adalah salah satu kesenian tradisional bali yang bisa juga dipakai permainan oleh anak-anak yang sedang berkumpul.

Jaman dahulu “Cecimpedan” ini dilakukan oleh orang tua kepada anaknya menjelang tidur. Teka-teki ini bisa mengecoh anak-anak dengan jawaban yang sedikit mirip dengan apa yang dimaksud tetapi tetap jawaban tersebut tidak benar. Teka-teki ini menggunakan kata-kata biasa tetapi menyiratkan arti yang sebenarnya.

maxresdefault

Untuk melestarikan kesenian ini banyak sekolah-sekolah masih aktif menggelar perlombaan “macecimpedan” ini. “Cecimpedan” juga merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Bahasa Bali yang masih diajarkan kepada siswa-siswi SD sampai SMA, bahkan di Perguruan Tinggi khusus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s