GEBOGAN, SARANA PERSEMBAHAN KEPADA TUHAN

Gebogan atau Pajegan adalah susunan buah-buahan dan jajanan yang disusun, yang dibuat untuk dijadikan sesajen umat Hindu di Bali sebagai simbol rasa syukur dan memohon anugerah, setelah menghaturkan sesajen tersebut dan mendapat anugerah umat hindu bisa menikmati buah dan jajanan tersebut. Gebogan berarti jumlah, dimana sesajen ini terdiri dari berbagai buah aneka macam dan berbagai jajanan yang diolah dari hasil bumi.

gebogan-grandes-offrandes

Makna Gebogan juga bisa dilihat dari bentuknya yang menjulang tinggi, makin ke atas makin mengkerucut dan di atasnya juga diletakkan canang dan sampyan sebagai wujud persembahan kepada Tuhan. Tinggi rendahnya Gebogan tidak ditentukan, sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Biasanya Gebogan diusung oleh ibu-ibu dan gadis di Bali untuk dihaturkan ke pura.

f36bc41800db452bad6c5c07fb7bdf0d_slide

Pajegan gebogan canang sari

Seiring perkembangan jaman, pola hidup masyarakat ikut bergeser sehingga tidak lagi menggunakan jajanan tradisional tetapi menggunakan makanan dan minuman instan dalam kemasan. Meskipun hal itu tidak dilarang serta makan dan minuman itu masih berasal dari bahan yang berasal dari alam namun jajanan dan buah tradisional yang terdahulu dipakai oleh masyarakat kini jarang ditemui dan digantikan dengan jajanan instan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s