PERMAINAN TRADISIONAL MENYAMBUT NYEPI

Tradisi umat hindu di Bali pada saat sehari sebelum hari raya Nyepi adalah mengarak ogoh-ogoh keliling desa, bahkan ada yang dipamerkan dan dilombakan. Ada satu tradisi yang tidak kalah unik dalam memperingati hari raya Nyepi yaitu dengan memainkan permainan tradisional yaitu “Meriam Bambu”, bahkan permainan ini dimainkan jauh hari sebelum hari raya Nyepi tersebut.

5473461_20130708113449

Meriam Bambu tidak hanya terkenal di Bali melainkan di Nusantara. Meriam Bambu saat ini sudah sangat jarang dimainkan di perkotaan namun di beberapa daerah permainan ini masih populer untuk dimainkan. Bahan dan alat yang diperlukan untuk memainkan Meriam Bambu adalah bambu, minyak tanah atau karbit sebagai bahan bakar, lampu atau lilin sebagai sumber api, bilah pemicu berupa potongan kayu kecil dan korek api. Namun saat ini sudah banyak yang menggunakan pipa paralon sebagai ganti dari bambu.

geblura

meriam-bambu (1)

Banyak orang tua nelarang anaknya bermain Meriam Bambu ini karena potensi bahaya yang mungkin disebabkan oleh permainan ini seperti terluka, terbakar, terkena ledakan, kebakaran dan lainnya. Selain itu suara meriam yang keras juga dapat menggagu orang lain disekitar tempat bermain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s