YANG LAMA YANG MENJADI BARU

Apa yang kurang menarik dari Indonesia? Keunikan budaya yang terkenal di mata dunia, kuliner tradisional yang mengguncang lidah penikmat kuliner, sampai pada keindahan alam yang tiada tara yang mampu membawa wisatawan serasa berada di surga. Hasil olahan dari alam inipun mampu membuat Indonesia menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang digemari wisatawan.

Hasil olahan ini dapat berupa makanan yang diolah untuk rumah tangga maupun untuk kebutuhan pariwisata. Selain berupa makanan, hasil yang didapat dari alam Indonesia juga berupa bahan sandang atau pakaian yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia maupun dijual ke luar untuk dinikmati oleh negara lain. Olahan ini juga mampu mendongkrak kegiatan pariwisata di Indonesia menjadi semakin berkembang, hal itu tentu saja disebabkan oleh tangan-tangan terampil masyarakat Indonesia yang mampu mengolah hasil bumi menjadi susuatu yang berharga dimata penikmatnya.

Meskipun tidak semua masyarakat Indonesia mampu mengolah hasil bumi menjadi sesuatu yang bernilai selangit, tetap saja hasil bumi yang telah diolah maupun yang belum diolah mampu menjadikan masyarakat Indonesia mendapat tempat dimata dunia.

07.-Batik-Tanah-Liek-Warni

Salah satu hasil bumi yang telah diolah oleh tangan-tangan terampil dari masayarakat di beberapa daerah di Indonesia adalah Batik. Indonesia memiliki berbagai macam jenis batik yang terkenal di mata dunia yaitu batik Solo, batik Jogja, batik Pekalongan dan masih banyak yang lainnya.

Daerah Minangkabau, Sumatera, Indonesia juga memiliki batik khas selain kain songket yang memang sudah terkenal. Batik yang berasal dari Sumatera ini adalah Batik Tanah Liek atau Batik Tanah Liat. Yang menjadikan batik ini unik adalah bahan pewarna yang terbuah dari tanah liat, dimana umumnya pewarna untuk kain batik didapat dari kulit jengkol, manggis, getah gambir dan pewarna alami lainnya.

Dengan keunikan ini Batik Tanah Liat berhasil mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity semenjak bulan Oktober 2009. Hal ini juga sekaligus menjadi kebanggaan bagi Bangsa Indonesia melalui hasil bumi yang dimilikinya yang mampu menghasilkan beraneka ragam kesenian yang bermanfaat bagi masyarakat maupun wisatawan.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s