THE SUKARNO CENTER BALI

Siapa yang tidak kenal dengan presiden pertama Republik Indonesia? Ya beliau adalah Ir.Soekarno yang memulai pemerintahan Indonesia dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Banyak sejarah tentang presiden pertama ini yang secara jelas dapat dilihat maupun diingat oleh bangsa Indonesia. Mulai dari peninggalan sampai kepada pemerintahan yang berbeda dari yang lainnya. Sejarah dan peninggalan beliau tersebar di seluruh nusantara. Salah satunya adalah di pulau Bali.

Jika anda ke Bali dan ingin mengenal lebih dekat tokoh bapak presiden pertama Republik Indonesia, maka datanglah berkunjung ke The Sukarno Center, letaknya di Jalan Raya Utama Tampaksiring, Gianyar. Pendirinya adalah Dr. Shri I Gst. Ngrh. Arya Wedakarna MWS III seorang rektor termuda Indonesia di universitas Mahendradata dan Sukmawati Sukarno Putri.

Museum presiden The Sukarno Center ini diresmikan pada tahun 6 Juni 2009, berepatan dengan hari lahirnya Sang Proklamator, kemudian dibuka untuk umum pada tanggal 10 Nopember 2011. Setiap minggunya ada agenda resmi istana, sehingga suasana menjadi lebih hidup, dari hari kehari popularitasnyapun makin meningkat, bahkan terpilih sebagai museum terbaik di Bali dalam Bali Best Brand di tahun 2013.

IMG_6941

Pada pintu masuk area The Sukarno Center diapit oleh dua kereta kencana peninggalan Segoro Kidul, terlihat bangunan dua lantai untuk menyimpan berbagai koleksi pribadi Bung Karno serta keluarganya, beberapa koleksi juga digandakan menyerupai aslinya, semuanya disajikan agar bisa memberikan gambaran ataupun pengetahuan lebih spesifik bagi masyarakat serta generasi penerus yang sebelumnya tidak mengenal tokoh bangsa ini.

Aroma dupa wangi semerbak memenuhi ruangan akan menemani perjalanan anda mengelilingi museum, alunan musik lawas gending jawa terdengar syahdu layaknya di sebuah keraton, serta pidato-pidato Bapak Bangsa terdengar semangat mengorbankan satria bela bangsa, penataan lampu yang temaram, lukisan ratu laut kidul terlihat anggun di ruangannya sendiri, terkesan suasana mistis yang kental, seperti membawa kita ke masa lalu tersebut.

Dengan adanya berbagai koleksi ini sebenarnya the Sukarno Center juga cocok sebagai tujuan wisata edukasi, agar lebih paham tentang latar belakang serta perjalanan bangsa ini, sehingga kita bisa mengetahui lebih dekat perjalanan sejarah presiden pertama Republik Indonesia ini. Di lokasi museum kita bisa menyaksikan sekitar 150 buah photo menghiasi dinding, terdapat juga perabotan serta hadiah-hadiah dari negara lain, semuanya tertata rapi, terawat dan bersih. Jadi jika anda kebetulan liburan di Bali sempatkan waktu anda untuk berkunjung ke The Sukarno Center, anda akan merasakan sensasi berbeda mengunjungi tempat ini.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s